• HOME
  • TENTANG KAMI
  • GALERI
  • HUBUNGI KAMI
  • JENIS BAHAN
  • CARA PEMESANAN
  • BEBERAPA JENIS SABLON

    a. Rubber
    cat ini berbahan dasar karet, Bisa untuk kaos berwarna gelap maupun terang karena sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain. UNtuk sablon diatas dasar kain yg melar dibutuhkan cat rubber dengan ramuan khusus agar cat dapat mengikuti kelenturan kain dan berdaya tahan lama.

    b. Pigmen
    cat yang biasa dipakai untuk kaos berwarna terang karena sifatnya yg menyerap kedalam kain dan transparan.

    c. Plastisol
    cat berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Tanpa limbah dan sangat irit. Sayangnya butuh invest yg banyak bila menggunakan cat ini karena untuk mengeringkannya dibutuhkan sinar infra merah.

    d. Glow in the dark
    cat yg menyala saat kaos berada ditempat gelap karena mengandung bahan fosfor yang mampu menyimpan cahaya. Bisa rubber, pigmen maupun plastisol.

    e. Reflektif
    cat yang akan menyala jika kaos disinari oleh sebuah sumber cahaya. Dari 3M.

    f. Discharge
    cat dengan kemampuan menipiskan/menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan.

    g. Flocking
    cat dengan bentuk jadi seperti beludru.

    h. Foam atau cat timbul
    Ada rubber, ada juga plastisol, tapi bentuk timbul keduanya berbeda.

    i. Separasi
    Separasi diambil dari kata separate yang artinya pisah.
    Jadi separasi adalah proses memisah gambar(fullcolour) menjadi hanya 4 warna yaitu CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Key Colour alias Black).
    Untuk pemahaman awalnya, boleh dibayangkan printer warna isi tintanya hanya 4 yaitu CMYK tapi bisa mencetak gambar foto yang kaya warna.

    j. Glitter
    Sablonan yang memakai tinta berupa campuran serbuk, ada yg halus ada yg kasar, makin kasar makin renggang pula jenis screen yg digunakan.

    k. Foil
    Sablonan dengan menggunakan bahan kertas logam, hmm kaya foil (poly) yg ada di undangan2 gitulah.

    l. High Density
    Sablonan timbul dari jenis plastisol. Kalo dirubber disebutnya Foam (timbul busa) Kalo high density timbulnya bener2 kotak presisi sedang foam timbulnya melengkung
    Sablon High Frequency tuch apa? Ha, apa pla ini bah? gw belon tau, tapi kalo dari namanya mungkin sablon dengan cat plastisol yg memakai raster2 kecil, makanya disebut high frequency abis rasternya rapat banget (plastisol bisa 55 sampe 60 pdi (dot per inch)).

    m. Aspal
    Salah satu jenis plastisol. Bentuk jadinya ya kaya aspal, rada2 kasar dan agak mengkilat.

    n. superwhite
    adalah jenis white binder yang bersifat menyerap ke bahan kaos namun hanya 75% dan menumpang dibahan kaos 25 % lagi. dan cat ini mampu membuat dot raster kecil karena sifatnya yang agak lama mengering.

    write by allstar_addict & b105z edited by rifki